Bandung Kota Inovasi, FPSH HAM Kota Bandung Buah Inovasi

Bandung Kota Inovasi, FPSH HAM Kota Bandung Buah Inovasi

BANDUNG - Kota Bandung identik dengan inovasinya, baik dari generasi mudanya maupun pemerintahannya. Forum Pelajar Sadar Hukum HAM (FPSH-HAM) dan Duta Hukum HAM adalah buah inovasi bagi pelajar di Bandung yang pertama di Indonesia. Selain itu Industri pesawat terbang IPTN juga berbasis dan tercatat dalam sejarah pernah memproduksi pesawat terbang. Demikian Kabid HAM Kanwil Kemenkumham Jabar, Hasbullah Fudail selaku Pembina FPSH HAM Jawa Barat dalam Kilas Balik Sejarah Trikora dan Dwikora di kantor Legium Vetran Republik Indonesia (LVRI) kota Bandung, Rabu (26/8/2020).

Hasbullah menyampaikan dua hal penting sehubungan dengan kegiatan di LVRI ini. Pertama mengajarkan sejarah. Disadari saat ini bahwa sebagian masyarakat pelajar semakin jauh dan tidak mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Apalagi sistem pendidikan pelajaran sejarah tidak seperti dahulu yang terdapat mata pelajaran Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB). Ditambah pengaruh media sosial yang sangat besar dan semakin menjauhkan pelajar untuk membaca sejarah.

"Contoh sejarah yang dilahirkan di Bandung dengan inovasi yang dilahirkan oleh Habibie untuk membangun industri pesawat terbang dengan memberi beasiswa ribuan pemuda Indonesia untuk menempuh pendidikan akademis maupun pendidikan keahlian untuk menguasai teknologi penerbangan," terang Hasbullah.

Tetapi, lanjutnya, sejarah juga mencatat mereka yang sudah disekolahkan negara tidak balik ke Indonesia karena ilmunya tidak bisa dipakai karena IPTN-nya bangkrut tidak di-support oleh negara. Akhirnya terjadi pelarian orang orang pintar keluar negeri (Braim Draim).

Kedua, membekali calon pemimpin masa depan. Kunjungan dan diskusi ini juga diharapkan memberikan pencerahan untuk para calon pemimpin masa depan.

"Tidak butuh waktu lama, adik adik para Duta Hukum dan HAM ini untuk menjadi pemimpin masa depan. Semoga di antara yang hadir ini ada yang menjadi menteri, gubernur, bupati, walikota. Kalaupun tidak minimal menjadi istri walikota," canda Hasbullah. (has/red/fpsh)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *