Duta Hukum - HAM dan Pengurus FPSH HAM jadi Ajudan Milenial Gubernur Jabar

Duta Hukum - HAM dan Pengurus FPSH HAM jadi Ajudan Milenial Gubernur Jabar

BANDUNG - Suatu kesyukuran sekaligus kebanggaan bahwa dari sekian banyak pemuda/remaja yang mendaftar menjadi Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat tahun 2020 terdapat 2 (dua) Duta Hukum dan HAM sekaligus Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM (FPSH-HAM) Provinsi Jawa Barat binaan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat beserta 5 instansi lainnya terpilih menjadi Ajudan Gubernur Jawa Barat, yakni Rara Alifia Nurfidyawati dan Muhammad Aldi Rahmandika.

Sejak diresmikan pada tahun 2013 di SMAN 27 Bandung oleh Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin sebagai sekolah pionir pembentukan Forum Pelajar Sadar Hukum. Beberapa tahun kemudian dilanjutkan dengan penobatan Duta Hukum dan HAM bagi pelajar Sekolah Menegah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah.

Saat ini telah terbentuk kepengurusan FPSH HAM di tingkat Provinsi Jawa Barat, Kabupaten/Kota se Jawa Barat dan di tingkat sekolah sementara Duta Hukum-HAM mendekati 3.000 orang.

Program ini diharapkan akan menjadi role model dalam pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM secara nasional untuk meningkatkan Kesadaran Hukum dan HAM bagi para pelajar, karena draf usulan Pemeraturan Menteri Hukum dan HAM sudah disampaikan ke pusat. Demikian harapan Kabid HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Hasbullah Fudail sekaligus Tim Pembina Kesadaran Hukum Provinsi Jawa Barat. (red/has/fpshham).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *