FPSH HAM Jawa Barat dan Tim Lakukan Audiensi dan Koordinasi Pembinaan Kesadaran Hukum-HAM di Kab. Cianjur

FPSH HAM Jawa Barat dan Tim Lakukan Audiensi dan Koordinasi Pembinaan Kesadaran Hukum-HAM di Kab. Cianjur

CIANJUR - Berangkat dari Bandung, Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat bersama pengurus FPSH HAM Jawa Barat melakukan kunjungan ke Kabupaten Cianjur. Kunjungan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan itu dalam rangka audiensi dan koordinasi pembinaan kesadaran hukum dan HAM di Kab. Cianjur. Selain itu, juga mempererat silaturahmi dan melebarkan sayap Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM di Provinsi Jawa Barat, Rabu (16/9/2020).

Agenda pertama, melakukan audiensi dan koordinasi ke KCD Wilayah VI tentang pembinaan kesadaran hukum dan HAM pelajar di Kabupaten Cianjur dari jenjang SMA, SMK, dan SLB. FPSH HAM dan tim diterima oleh Kasi Kepengawasan Fandi, kemudian Kasubag Tapip, dan Kasi Pelayanan Lestari.

Dalam kesempatan ini, Pembina Harian FPSH HAM Jawa Barat, Ida Suci Mandirisari memohon dukungan dari pihak KCD dalam pemilihan Duta Hukum dan HAM dari sekolah-sekolah yan berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

"Diharapkan setiap sekolah baik negeri maupun swasta terwakili oleh Duta Hukum dan HAM yang ditunjuk," kata Suci, Rabu (16/9/2020).

Selanjutnya, Hasbulllah Fudail yang juga merupakan Pembina Harian FPSH HAM Jawa barat menyampaikan bahwa pemilihan Duta Hukum dan HAM terdapat beberapa kriteria, di antaranya memiliki wawasan luas, dapat beraudiensi, dan memiliki rasa tanggung jawab.

Sebagai Kasi Pengawasan KCD Wilayah VI, Fandi, sangat mendukung dan siap memfasilitasi dan menggerakkan kesadaran hukum khususnya di wilayah KCD VI, yaitu KBB dan Kab. Cianjur.

"Saya berharap terjalin terus kolaborasi serta akan selalu membantu apa yang bisa dibantu dengan semaksimal mungkin," ucap Fandi.

Audiensi dan koordinasi tentang pembinaan kesadaran hukum dan HAM di Kab. Cianjur dilanjutkan ke MAN 1 Kab. Cianjur yang diterima oleh kepala sekolah, kepala TU, dan wakasek kesiswaan. Kepala MAN 1 Kab. Cianjur menyambut baik hal-hal yang dipaparkan oleh FPSH HAM Jawa Barat dan tim kemudian meminta agar secepatnya dikirimkan juklak/ juknis FPSH HAM Jawa Barat.

"Serta diadakan sosialisasi mengenai FPSH HAM di daerah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) I, II, dan III yang berada di daerah Kab. Cianjur agar setiap madrasah yang ada di Kab. Cianjur memahami dna bisa membentuk FPSH HAM di madrasahnya," pinta Kepala MAN 1 Kab. Cianjur.

Setelah di MAN 1 Kab. Cianjur, audiensi dan koordinasi dilanjutkan ke Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur. Audiensi dan koordinasi ini diterima oleh Kabag Hukum Kab. Cianjur M. Sidiq El Fatah beserta jajarannya.

FPSH HAM Jawa Barat dan tim meminta agar Kabag Hukum Setda Kab. Cianjur dapat membantu serta mendorong agar secepatnya diadakan pengukuhan FPSH HAM Kab. Cianjur oleh pihak pemerintah daerah. Kemudian menyampaikan pengalaman dan manfaat yang didapatkan selama mengikuti kegiatan di FPSH HAM yang berorientasi untuk membangun generasi muda akan kesadaran hukum, budi pekerti, cinta tanah air, dan lainnya.

Kabag Hukum Setda Kab. Cianjur, M. Sidiq, merespon baik dan merasa banga karena memiliki visi yang sama untuk kebaikan yang perlu dibimbing dan ditindaklanjuti untuk diadakannya pengukuhan di Kab. Cianjur.

Pernyataan M. Sidiq itu didukung oleh kasubbag. Pihaknya juga sangat setuju untuk merespon dengan baik FPSH HAM ini, karena berangkat dari pelajar yang di mana dapat memberikan dampak positif khususnya bagi pelajar yang ada di Kabupaten Cianjur.

Sementara itu, perwakilan pengurus Gerakan Mengajar Desa (GMD) menyampaikan bahwa GMD ini merupakan produk asli Cianjur yang sudah berkolaborasi dengan FPSH HAM Jawa Barat sehingga memiliki volunteer lebih dari 2000 orang di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat.

"FPSH HAM ini ibarat forum/ organisasi 'From Zero to Hero'," analogi CEO GMD, Gardian.

Terakhir, FPSH HAM Jawa Barat dan tim melakukan audiensi dan koordinasi pembinaan kesadaran hukum dan HAM dilanjutkan ke BNN Kab. Cianjur yang diterima oleh Kasi Pemberantasan Giwangkara, Kasi Rehabiltiasi Imam Maulana, dan Kasi P2M Sunardi.

Tim dari FPSH HAM Jawa Barat memohon dukungan dan bimbingan dari BNN Kab. Cianjur agar jika nanti pelajar sadar hukum datang ke kantor BNN dapat diterima dengan baik oleh pihak BNN Kab. Cianjur.

"Saya apresiasi kepada pelajar sadar hukum (FPSH HAM Jawa Barat) serta GMD. Jika ada kegiatan yang ingin melibatkan BNN, pihak BNN sangat terbuka untuk menerima undangan tersebut. BNN Kab. Cianjur siap berkolaborasi dan berkoordinasi bersama FPSH HAM khususnya yang ada di Kab. Cianjur," kata Giwangkara, Kasie Pemberantasan BNN Kab. Cianjur.

Pernyataan Kasi Pemberantasan BNN Kab. Cianjur pun didukung oleh Kasi Rehabilitasi dan P2M. Keduanya mendukung agar bisa mengadakan kolaborasi secepatnya. Jika ingin melaksanakan sosialisasi, pihak BNN siap untuk memfasilitasi apa yang dibutuhkan. (red/hms/fpsh)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *