Kabid HAM Jabar: Pelajar Karawang Harus Bersaing di Era Globalisasi

Kabid HAM Jabar: Pelajar Karawang Harus Bersaing di Era Globalisasi

KARAWANG - Karawang merupakan kabupaten yang berpotensi dengan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM dengan didorongnya dari pihak sekolah maupun organisasi di luar sekolah. Hal ini disampaiakan Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Hasbullah Fudail dalam acara literasi di SMAN 5 Karawang yang diikuti sekitar 500 siswa, Jumat (31/1).

Acara ini dilaksanakan dengan topik potensi dan pendidikan daerah Karawang. Hasbullah Fudail menyampaikan materi tersebut agar peserta literasi mampu bertanggung jawab dalam menimba ilmu juga dapat meningkatkan potensi di Kabupaten karawang.

"Orang Karawang itu tidak boleh hanya menjadi penonton dalam menimba ilmu ataupun dalam hal lain seperti lapangan pekerjaan, akan tetapi orang Karawang harus menjadi pemain dan menang dalam hal menimba ilmu dan dalam lapangan pekerjaan. Artinya orang Karawang tidak boleh kalah oleh pendatang luar," kata Hasbulah dalam penyampaian materinya.

Menurut Hasbullah, Karawang memiliki potensi yang besar dalam bidang ekonomi. Cntohnya Karawang memiliki beberapa pabrik dan kawasan industri seperti kawasan Industri KIIC. Selain itu, Karawang juga mempunyai tempat pemakaman yang paling mahal yaitu pemakaman San Diego Hills

"Karawang dikenal sebagai Lumbung Padi Jawa Barat, akan tetapi persawahan semakin menipis dikarenakan lahan pembangunan," terangnya.

Ia juga meminta pelajar Karawang untuk bisa bersaing di era globalisasi. Kemudian ia memberikan arahan kepada siswa dan siswi SMAN 5 Karawang dengan membuat lahan baru untuk dibuat sawah agar suatu saat nanti tetap mempertahankan julukan Kabupaten Karawang dengan Lumbung Padinya.

Selain ketiga materi tersebut, Hasbullah pun membicarakan tentang pembuatan film pelajar yang dibantu oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Provinsi Jawa Barat.

"Semoga dengan adanya kegiatan silaturahmi ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab bagi para pemuda dan pemudi Karawang. Aamiin," tutupnya. (red/mht/fpsh).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *