Kemenkumham dan Kemendikbud Sokong FPSH HAM Jadi Role Model Nasional

Kemenkumham dan Kemendikbud Sokong FPSH HAM Jadi Role Model Nasional

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM yang cukup aktif membuat kegiatan-kegiatan. Apresiasi tersebut disampaikan dalam bentuk video yang ditayangkan pada webinar nasional FPSH HAM, Kamis (17/12/2020).

Sementara yang mewakili Menkumham Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi membuka kegiatan webinar bertajuk "Pencanangan Gerakan Nasional Partisipasi Pelajar dalam Membangun Karakter dan Kesadaran Hukum dan HAM" berpusat di Tikomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kamis (17/12/2020).

Direktur Jenderal HAM menyambut baik inisiatif yang dilakukan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSHHAM). "Harapan saya bahwa program dan kegiatan yang telah dilaksanakan ini akan dapat menjadi role model untuk para pelajar di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," kata Mualimin.

Sementara Kementerian Pendidikan diwakili oleh Polaris Siregar S.H M.H (Perancang Perarturan Perundang-undangan Biro Hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R) menyebut FPSH HAM sangat baik. Ia berharap segala tujuan dan kegiatannya dapat dipahami oleh seluruh lingkup masyarakat, baik di SD, SMP, maupun SMA.

"Berikutnya jika kebiasaan baik atau kelakuan baik dilakukan secara konsisten maka akan nyata kemanfaatannya. Walau kelihatan sepele, tapi hasilnya luar biasa," ujar dia.

Dalam acara webinar kali ini, panitia juga menghadirkan sejumlah narasumber lain di antaranya Kakanwil KemenkumHAM Jawa Barat, Kepala Biro Hukum dan HAM Pemprov Jawa Barat, dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Acara webinar nasional ini merupakan acara puncak yang dilakukan oleh FPSH HAM dalam rangka Hari HAM sedunia untuk tahun ketiga dengan melakukan berbagai kegiatan (Lomba Filem Pendek, Poster, Ngopi Penuh Ilmu, Berbagi Sesama, Week And We Us) selama sepekan mulai 10-17 Desember 2020 yang di kenal dengan nama HRWF (Human Right Week Festival) .

Jumlah peserta yang mengikuti lewat YouTube sekitar 4.000 orang dan jumlah partisipan melalui Cesco Webex sebanyak 351, mencakup Bagian Hukum/Dinas Pendidikan bersama pengurus FPSH-HAM Kabupaten/Kota se Jawa Barat dan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan peserta dari 23 Provinsi. (has/fpsh)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *