Kesiapan Deklarasi Jawa Barat Tolak Intoleransi

Kesiapan Deklarasi Jawa Barat Tolak Intoleransi

BANDUNG - Kabid Hak Asasi Manusia Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Hasbullah Fudail selaku Sekretaris I Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM Pelajar tingkat SMA, SMK, MA Jawa Barat menyampaikan presentasi dalam Rapat Pimpinan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Senin (2/12).

Rapat Pimpinan tersebut bertempat di kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat Jalan Radjiman, Bandung yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dewi Sartika dan dihadiri para pejabat Dinas Pendidikan serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi se- Jawa Barat.

Dalam paparannya, Hasbullah menyampaikan latar belakang dari rencana Deklarasi Pelajar Jawa Barat Menolak Intoleransi, Radikalisme, Anti Hoaks dan Lawan Ujaran Kebencian merupakan arahan dari Gubernur Jawa Barat ditindaklanjuti dalam rakor yang dipimpin oleh Sekda selanjutnya ditindaklanjuti dalam rapat dengan seluruh SKP Provinsi Jawa Barat serta tingginya pelajar di Jawa Barat terpapar Radikalisme 23%. Rangkaian kegiatan ini menjadi agenda tahun kedua dari Tim Pembinaan dan merupakan rangkaian peringatan Hari HAM se- Dunia 10 Desember 2019 yang dipusatkan di Bandung.

Rencananya deklarasi ini akan berlangsung di SMAN 27 Bandung pada Senin (9/12) dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat. SMAN 27 adalah sekolah perintis Forum Pelajar Sadar Hukum binaan Kanwil Hukum-HAM Jawa Barat yang dicanangkan pada 24 September 2013 oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin.

Deklarasi ini akan diorganisir oleh Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) dan Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM (FPSH-HAM) Jawa Barat rencananya diikuti sekitar 2000 pelajar SMA/SMK/MA se- Kota Bandung. Secara bersamaan seluruh sekolah SMA/SMK/MA dan SMP di Jawa Barat akan melakukan upacara pada hari Senin dengan membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat. Beberapa rangkaian kegiatan dalam deklarasi tersebut pembacaan Deklarasi, Penobatan Duta Hukum-HAM, Pengukuhan FPSH dan Pembekalan Kesadaran Hukum-HAM dari Tim Pembina. (Red/Fpsh).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *