Kota Sukabumi Role Model Duta HAM Pelajar SMP

Kota Sukabumi Role Model Duta HAM Pelajar SMP

SUKABUMI - Bertempat di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi , Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengukuhkan Duta HAM Pelajar SMP negeri dan swasta sebanyak 50 (lima puluh) SMP se- Kota Sukabumi.

Dalam arahannya, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menekankan pentingnya para pelajar untuk sejak dini mengetahui dan memahami serta menyebarluaskan nilai-nilai Hak Asasi Manusia yang berkembang saat ini. Dengan pengukuhan ini juga sebagai langkah awal bagi pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan generasi muda khususnya kalangan pelajar agar menjadi mitra pemerintah Kota Sukabumi untuk menyebarluaskan pengertian dan pemahaman hak asasi manusia.

Selain itu, Kota Sukabumi secara berturut-turut sudah 5 (lima) tahun memperoleh perhargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia terakhir 10 Desember 2019 pada puncak hari HAM sedunia yang berlangsung di Gedung Merdeka Bandung . Dari hal itu, diperlukan terobosan agar nilai-nilai HAM tersebut bisa tersosialisasi secara meluas di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Langkah ini juga merupakan antisipasi karena Data dari aparat kepolisian saat ini hampir 23 % pelajar di Jawa Barat telah terpapar paham-paham radikalisme baik melalui pergaulan maupun media sosial.

Setelah acara pengukuhan dilanjutkan pembekalan kepada 50 perwakilan sekolah SMP se kota Sukabumi oleh Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham (Hasbullah Fudail) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sukabumi ( Budi ).

Usai pembekalan dilanjutkan dialog dengan beberapa pertanyaan sangat kritis dari para pelajar mulai dari isu tawuran antar pelajar, radikalisme, bahkan sampai kritikan kepada para beberapa guru di sekolah mereka yang tidak lagi orientasi mendidik kepada para pelajar tetapi lebih banyak orintasi mengajar. Ini merupakan sesuatu gambaran kritis seorang pelajar terhadap beberapa gurunya yang cenderung hanya mengajar bukan mendidik untukmempersiapkan generasi yang berkarakter. (has/fpsh).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *