LCC HAM Media Efektif Sosialisasi Produk Hukum Daerah

LCC HAM Media Efektif Sosialisasi Produk Hukum Daerah

BANDUNG - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat telah sukses menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat HAM yang diikuti 16 perwakilan kabupaten/ota di Jawa Bara, Sabtu (30/11).

Lomba ini diselenggrakan dalam ranggka menyambut Hari HAM yang dipandu oleh Cecep Wawan Fungsional Penyuluh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dengan Dewan Juri Hasbullah Fudail (Kanwil Kemenkumham Jawa Barat), Dr. Ida Rohayani (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Jawa Barat), dan Muhammad Rafa Afiandra (Duta Hukum HAM Jawa Barat/ Mahasiswa Universitas Bandung).

Menurut Hasbullah Fudail, LCC HAM ini merupakan media yang paling efektif dalam melakukan sosialisasi produk perundang-undangan terutama Peraturan Daerah (Perda) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran Hukum dan HAM bagi pelajar. Mulai tahun depan, Hasbullah berharap agar LCC HAM ini bisa diadopsi ke tingkat kabupaten/kota se- Jawa Barat dan menjadi agenda tahunan dengan melibatkan Cabang Dinas Pendidikan, Bagian Hukum, FPSH-HAM Kabupaten/Kota dan lainnya sehingga secara berjenjang ada kompetisi mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Peserta LCC HAM perwakilan yang hadir berasal dari 13 kabupaten/kota dengan jumlah 17 kontingen, di antaranya Kabupaten Majalengka (2 kontingen), Kota Bekasi (2 kontingen), Kabupaten Sukabumi (2 kontingen), Kabupaten Sumedang (1 kontingen), Kabupaten Ciamis (1 kontingen), Kabupaten Purwakarta (1 kontingen), Kota Cirebon (1 kontingen), Kota Cimahi (1 kontingen), Kota Bandung (1 kontingen), Kabupaten Bandung Barat (1 kontingen), Kabupaten Pangandaran (1 kontingen), Kota Bandung (2 kontingen), dan Kabupaten Indramayu (1 kontingen).

Dalam pelaksanaannya, peserta begitu antusias dan semangat karena mereka ingin memberikan yang terbaik untuk kabupaten/kotanya. Namun, sebuah kompetisi tentunya tidak bisa meraih juara semuanya. Mereka harus berkompetisi hingga akhirnya muncul sang juara.

Adapun juara-juara dalam LCC HAM tingkat Jawa Barat ini adalah sebagai berikut.

Juara 1 (Kabupaten Sumedang)
Ari Sandika
Fajar Agustiar
Wulan Oktaviani

Juara 2 (Kota Cirebon)
Adji Annisa Rahmadina
Bebby Lestari Hidayat
Mohamad Romadoni

Juara 3 (Kota Bandung)
Hanifa Syifa Kamila
Mentari Khoerunnisa A
Tasya Nabila P

Harapan 1 (Kabupaten Sukabumi)
Pradifta Al Qadri
Rivan Fauzi
Rahmat Khoerulrizqi (Red/FPSH)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *