Optimis FPSH HAM Go Nasional, Tim Satgas FPSH HAM Jawa Barat Sosialisasikan Pembinaan Sadar Hukum di Yogyakarta

Optimis FPSH HAM Go Nasional, Tim Satgas FPSH HAM Jawa Barat Sosialisasikan Pembinaan Sadar Hukum di Yogyakarta

YOGYAKARTA – Semangat dalam mensosialisasikan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH HAM), Tim Satuan Tugas (Satgas) audiensi dan diskusi pembinaan kesadaran hukum dan HAM FPSH HAM Provinsi Jawa Barat mengadakan audiensi dan diskusi terkait pembinaan kesadaran hukum dan HAM di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) D.I. Yogyakarta pada Rabu (7/8/2019).

Tim Satgas tersebut diantaranya Hasbullah Fudail Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ida Suciati Mandirisari Pengawas Wilayah II Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, pengurus FPSH HAM Jawa Barat, dan Duta Hukum HAM Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta, Krismono menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Tim Satgas audiensi pembinaan kesadaran hukum dan HAM dari Jawa Barat.

“Saya dukung forum ini karena di forum ini akan banyak belajar dan semakin termotivasi dalam membentuk forum yang sama serta bisa bersinergi melaksanakan pembinaan kesadaran hukum dan HAM di kalangan pelajar,” ungkapnya.

Lanjut Krismono, dirinya menyampaikan bahwa sebetulnya di D.I. Yogyakarta sudah ada kegiatan-kegiatan terkait pembinaan kesadaran hukum oleh para Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta.

“Tapi selama ini kami masih fokus di Desa Sadar Hukum,” katanya.

Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta akan memulai langkah melalui pembentukan nota kesepakatan dengan institusi lain untuk berkolaborasi seperti Polda, BNNP, dan Kejaksaan Tinggi untuk melaksanakan pembinaan. Setelah itu mulai mengajak kolaboasi Didikpora dan pemangku kepentingan lainnya.

Krismono berharap, setelah terbentuk FPSH HAM di D.I. Yogyakarta semoga bisa mengurangi angka kenakalan remaja di wilayah Yogyakarta.

Sementara itu, menurut Hasbullah Fudail sebagai bagian dari Tim Satgas mengatakan, di Jawa Barat sudah ada perjanjian dan nota kesepakatan dengan berbagai instansi, salah satunya adalah dengan Dinas Pendidikan. Adanya perjanjian dan nota kesepakatan antara Kanwil Kemenkumham Jawa Barat dengan Dinas Pendidikan sangat membantu FPSH HAM ini, terutama di kalangan pelajar dan pemuda.

“Alhamdulillah program  FPSH HAM ini sudah berjalan baik di Jawa Barat. Kami sudah membuat nota kesepakatan bersama 7 instantsi, diantaranya Kanwil Kemenkumham, Dinas Pendidikan, Polda, Kejaksaan Tinggi, BNN, Kemenag, dan Kemenhan,” terangnya.

Selain adanya kerja sama, lanjut Hasbullah, ada juga kiat-kiat inovasi dan kreativitas dengan membuat program. Tujuannya untuk mempertajam budi pekerti, etika, dan moral pelajar.

Menurut Kus Aprianawati, Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan progam pembinaan kesadaran hukum di Yogyakarta. Salah satunya adalah penyuluhan hukum dengan pendekatan edukatif. Penyuluhan ini dilaksanakan di sekolah-sekolah membahas tentang peraturan hukum.

“Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta merencanakan untuk melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah untuk kunjungan ke LPKA. Tujuannya agar pelajar di Yogyakarta bisa tahu secara langsung akibat dari pelanggaran hukum,” tutur Kus.

Dalam audiensi ini tentunya Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta merasa terdorong dan termotivasi untuk menerapkan program FPSH HAM di Yogyakarta guna membawa masa depan penerus bangsa Indonesia yang lebih baik. Selain itu, Tim Satgas dari Provinsi Jawa Barat juga tentunya mendapatkan informasi dan ilmu dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat yang bisa diimplementasikan di lingkungan Jawa Barat dalam pembinaan kesadaran hukum dan HAM di Jawa Barat. Tak hanya itu, Jawa Barat yang menjadi role model kesadaran hukum dan HAM di kalangan pelajar juga ingin program FPSH HAM ini segera Go Nasional.

Seperti dikatakan Nandi ketua FPSH HAM Jawa Barat, dirinya ingin FPSH HAM ini bisa ada di seluruh penjuru negeri.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin meyakinkan pemerintah pusat khususnya melalui Kemenkumham RI untuk segera menerbitkan Permen pembinaan kesadaran hukum dan HAM di kalangan pelajar,” pungkasnya.

Laporan : MHT

Artikel ini telah tayang di https://www.ekskulnews.com/2019/08/08/optimis-fpsh-ham-go-nasional-tim-satgas-fpsh-ham-jawa-barat-sosialisasikan-pembinaan-sadar-hukum-di-yogyakarta/ dengan judul Optimis FPSH HAM Go Nasional, Tim Satgas FPSH HAM Jawa Barat Sosialisasikan Pembinaan Sadar Hukum di Yogyakarta.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *