Pekan Pertama GASIBU Sukses di 4 Kota dan Kabupaten Se-Jabar

Pekan Pertama GASIBU Sukses di 4 Kota dan Kabupaten Se-Jabar

CIANJUR – Gerakan Mengajar Desa kembali mengadakan program GASIBU (Gerakan Nasi Bungkus) dalam rangka membantu dan mengedukasi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Jawa Barat. GASIBU telah membuka penggalangan dana sejak akhir Juni 2020.

Donasi GASIBU dibuka untuk siapapun yang ingin ikut berkontribusi dalam membantu di bidang pangan dan menyokong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat desa. Donasi ini bisa dimulai dari nominal Rp10.000,00. Metode pembayaran yang disediakan bermacam-macam untuk mempermudah donatur, juga meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain karena dilakukan secara daring. Pemberian donasi dapat melalui transfer bank, OVO, Shopee, Go-Pay, atau bahkan DANA.

Terdapat pula twibbon Instastory bagi yang sudah berdonasi untuk memublikasikan gerakan donasi ini lebih jauh. Ada pula program Bantu 1 Ajak 2, yaitu mengajak teman-teman sehingga terlaksana donasi berantai.

Pada pekan pertama sejak donasi dibuka, GASIBU sudah sukses merealisasikan aksinya di empat kabupaten/kota sekaligus. Melalui GMD Kota dan Kabupaten Bekasi, didistribusikan sekitar lima puluh paket nasi bungkus. Pembagian nasi bungkus juga dilakukan oleh GMD Majalengka di Kabupaten Majalengka dan GMD Cianjur di tiga titik, yaitu Kecamatan Cibeber, Kecamatan Cilaku, dan Kecamatan Cianjur.

Selain itu, karena PSBB sudah berakhir dan New Normal mulai dilaksanakan, GMD juga menyelenggarakan edukasi PHBS (Perilaku Bersih dan Sehat) pada masyarakat desa. Ini bertujuan agar masyarakat dapat meminimalisasi risiko tertular Covid-19. GMD bahkan melakukan aksi nyata dengan pembagian masker dan hand sanitizer supaya apa yang disosialisasikan dapat langsung diaplikasikan.

Aksi ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk terus membantu sesama dan menjaga kesehatan di tengah hiruk-pikuk pandemi Covid-19 ini. (hms/red/gmd)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *