Pembuatan Handzinitizer Langkah Preventif FPSH HAM Jawa Barat Hadapi Covid-19 (Corona)

Pembuatan Handzinitizer Langkah Preventif FPSH HAM Jawa Barat Hadapi Covid-19 (Corona)

BANDUNG - Melihat data yang positif terjangkit Covid-19 (Corona) di Indonesia terus meningkat dari hari ke hari, Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat melakukan langkah preventif guna mencegah penyebaran Covid-19 (Corona).

Langkah preventif tersebut dilakukan pada Kamis (19/3) dengan membuat Handzinitizer di Sekretariat FPSH HAM Jawa Barat, Jalan Dr. Rajiman No. 56, Pasir Kaliki, Kecamatatan Cicendo, Kota Bandung. Hadir pada pembuatan Handzinitizer  tersebut Pembina Harian FPSH HAM Jawa Barat, Ketua FPSH HAM Jawa Barat, Sekretaris FPSH HAM Jawa Barat, Bendahara FPSH HAM Jawa Barat, Bidang Humas, Kerjasama, dan Kemitraan, dan perwakilan FPSH HAM Kota Bandung.

Menurut Ketua FPSH HAM Jawa Barat, Nandi,  tujuan pembuatan handztaizer ini sebagai langkah preventif tindak lanjut pencegahan Covid-19 yang saat ini sudah menjadi kebutuhan.

“Karena di Supermarket, Minimarket, maupun di apotek pada kosong (Handzinitizer). Sehingga kami berinisiatif membuat secara mandiri dengan APBI dalam rangka untuk membantu masyarakat dan pengurus FPSH HAM di seluruh Jawa Barat dalam membuat Handzinitizer dan kami mendistribusikan dengan harga yang sangat murah dari pasaran dan insya Allah kegiatan ini terus dilanjut hingga akhirnya orang-orang memiliki Handzinitizer. One people one Handzinitizer,”  jelas Nandi di Sekretariat FPSH HAM Jawa Barat, Kamis (19/3).

Pembuatan Handzinitizert tersebut dimulai sejak pukul 13.00-15.00 WIB dan menghasilkan sebanyak 24 produk Handzinitizer. Dalam keterangan Nandi, dari 24 produk tersebut sudah ada beberapa yang pesan dengan harga 15.000.

“Kami terbatas. Nanti kalau mau pesan ke FPSH HAM Jawa Barat silakan. Kami pre order. Bisa pesan melalui Instagram @fpshjabar atau menghubungi Humas FPSH HAM Jawa Barat (081563394080). Nanti kami proses. Atau kalau mau buat nanti ada tutorialnya di instagram dan youtube FPSH HAM Jawa Barat,” lanjut dia.

Nandi pun  mengajak kepada Duta Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat untuk bisa membuat Handzinitizer secara mandiri sehingga mampu membuat nayaman diri sendiri, membuat mudah dengan diri sendiri, dan tidak disibukkan dengan pencarian Handzinitizer.

Cukup membuat dan meraciknya sendiir sehingga temen-temen kabupaten/kota bisa mandiri dan juga bisa mengajak temen-temennya serta keluarganya agar mencegah Covid-19 (Corona) ini,” ajak Ketua FPSH HAM Jawa Barat itu.

Sementara itu, Pembina Harian FPSH HAM Jawa Barat, Ida Suciati Mandirisari membuat Handzinitizer penting untuk pencegahan Covid-19 (Corona). Ia pun memotivasi FPSH HAM kabupaten/kota di Jawa Barat untuk membuat Handzinitizer dalam rangka menjaga dan untuk kebersihan diri.

“Minimal untuk kepentingan di lingkungan sendiri. Terus terang saja di pasaran langka dan harganya pun mahal. Coba ini (pembuatan Handzinitizer) sudah diawali oleh FPSH HAM Jawa Barat dan bisa dilakukan oleh FPSH HAM kabupaten/kota di Jawa Barat. Minimal untuk Minimal untuk pemakaian pribadi. Kalau ada peluang dan bahannya bisa untuk dipasarkan ke teman-teman terdekat. Kita mengikuti petunjuk dari surat edaran Gubernur Jawa Barat  dan Kadisdik Jawa Barat. Jaga kesehatan. Silakan anak-anak berinovasi dan berkreativitas dengan tetap menjaga kesehatan,” kata Ida.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona), pemerintah melakukan social distancing. Untuk mengisi social distancing, Sekretaris FPSH HAM Jawa Barat, Alicia, memberikan tips-tips yang bisa dilakukan.

“Untuk social distancing  kali ini temen-temen bisa melakukan kegiatan positif di rumah, bisa dengan baca buku, mengerjakan soal-soal , kemudian lakukan hal-hal posiitf dengan keluarga biar lebih family time. Tapi, diusahakan tetap berolahraga agar tubuh kita terjaga imunitasnya. Makan-makan yang sehat juga. Jangan yang instan-instan. Kita boleh stok mi instan, tapi jangan terlalu keseringan,” tuturnya.

Selain pembuatan Handzinitizer, FPSH HAM Jawa Barat juga melaksanakan liputan tutorial pembuatan Handzinitizer yang akan diosting di Instagram dan Youtube FPSH HAM Jawa Barat sehingga bisa ditiru dan diamati oleh FPSH HAM kabupaten/kota di Jawa Barat. (red/mht/fpsh).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *