Pesan untuk Sang Pemilik Sah Negara

Pesan untuk Sang Pemilik Sah Negara

BOGOR - Dalam kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Gathering FPSH HAM se-Jawa Barat yang dilaksanakan pada 28-29 Desember 2019 di Villa Direktur Penataan dan Administrasi Desa, Hasbullah Fudail memberikan sambutan kepada para peserta. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pesan kepada para pemilik sah negara Indonesia.

"Kita bisa memberikan kontribusi kepada bangsa, negara, dan agama mulai dari hal kecil untuk melakukan hal yang besar, karena suatu kebaikan kecil jika dilakukan terus menerus akan menjadi suatu kebaikan besar. Ketika anda ingin melakukan suatu hal namun tidak memiliki dana, janganlah memikirkannya berlarut-larut, karena dapat menghambat aspek lainnya. Kita harus memulai terlebih dahulu dengan niat dan tekad atas dasar ibadah dan keikhlasan. Dengan kita melakukan sesuatu atas dasar ibadah dan keikhlasan semua pasti akan mendapat jalannya," kata Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat itu.

Ia juga menuturkan bahwa suatu pencegahan lebih baik dari suatu penanganan. Contohnya, dalam hal penegakkan hukum di suatu negara, ketika seluruh penjara di negeri telah penuh dan tidak bisa menampung narapidana, alih-alih membangun gedung penjara baru yang menghabiskan anggaran dana negara sebesar 1,7 Triliun, tentu saja lebih baik mencegah masyarakat dari perbuatan penyelewengan hukum.

Penulis : Zidan, Annin, dan Wawi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *