Ramadhan Telah Tiba, Ini Amalan yang Dapat Dilakukan

Ramadhan Telah Tiba, Ini Amalan yang Dapat Dilakukan

Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulillah kita bertemu lagi dengan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan mulia. Kita bersyukur dulu yuk karena Allah masih memberikan kita kesempatan untuk bertemu lagi dengan bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam, termasuk kamu juga kan ya? Pada bulan Ramadhan pahala akan dilipatgandakan. Nah, apa saja amalan-amalan yang dapat dilakukan? Berikut amalan yang dapat kita kerjakan selama bulan Ramadhan.

1. Qiyamul Lail

Dalam HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759, dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

Jangan terlewatkan ya. Niatkan dari sekarang untuk senantiasa istiqomah melaksanakan qiyamul lail di bulan Ramadhan.

2. Sedekah

Amalan yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan adalah sedekah. Bahkan Rasulullah SAW juga gemar bersedekah seperti mana dalam shahihain, dari 'Abbas Radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Nabi SAW adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur'an kala itu. Dan Rasul SAW adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup." (HR. Bukhari no. 3554 dan Muslim no. 2307).

Sedekah tidak harus banyak. Sedikit tapi ikhlas, insya Allah akan menjadi amal kebaikan. Apalagi kalau banyak dan ikhlas, insya Allah amalnya juga lebih banyak lagi. Yuk kita niatkan dari sekarang untuk bersedakah di bulan suci Ramadhan.

3. Tilawah Al-Qur'an

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah tadarus di bulan Ramadhan. Ya, itu adalah tilawah Al-Qur'an atau membaca Al-Qur'an. Pernah gak ketika bulan Ramadhan di sekolah ada pesantren kilat (sanlat) lalu ada agenda baca Al-Qur'an? Pasti pernah. Nah, ini adalah cara sekolah untuk mengedukasi memperbanyak tilawah Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Apalagi setiap satu hurufnya dibalas 10 kebaikan.

Selama bulan Ramadhan kita selalu berharap untuk khatam Al-Qur'an. 30 juz itu bisa dicicil 1 juz 1 hari atau disebut one day one juz. Kita bisa membacakannya setelah usai salat fardhu 2 lembar. Insya Allah satu hari bisa selesai 1 juz.

Dalam HR. Bukhari no 4998, dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata,"Jibril itu (saling) belajar Al-Qur'an dengan Nabi SAW setiap tahun sekali (khatam). Ketika di tahun beliau akan meninggal dunia dua kali khatam. Nabi SAW biasa pula ber'itikat setiap tahunnya selama sepuluh hari. Namu di tahun saat beliau akan meninggal dunia, beliau ber'itikaf selama dua puluh hari."

4. I'tikaf

Istilah i'tikaf di bulan Ramadhan tentu tidak terlalu asing di telinga kita. Walaupun i'tikaf bisa dilaksanakan di selain bulan Ramadhan. Tapi, rata-rata di bulan Ramadhan lebih banyak i'tikafnya. 

Dalam hadist muttafaqun 'alaih disebutkan, "Dari 'Abdullah bin 'Umar Radhiyallahu 'anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW biasa ber'itikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR. Bukhari no. 2025 dan Muslim no. 1171).

5. Umrah di Bulan Ramadhan

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallampernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya–ditunggangi suami dan anaknya–. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari, no. 1782; Muslim, no. 1256).

Itu beberapa amalan yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan. Kita juga bisa memperbanyak amalan-amalan sunnah lainnya, seperti salat Dhuha, salat rawatib, dan amalan sunnah lainnya. Tapi ingat, jangan melewatkan amalan wajibnya seperti salat 5 waktu dan puasa Ramadhan.

Semoga Allah selalu memberikan kita jalan dan kemudahan untuk istiqomah beribadah kepada-Nya. Semoga Ramadhan tahun ini berjalan lancar dan pandemi Covid-19 segera usai. Yuk kita semangat beribadah di bulan Ramadhan.

Referensi:

Susanti, E. (2018). Pahala Dilipatgandakan, Ini Amalannya di Bulan Ramadhan. Retrieved April 22, 2020, from Islam Pos: https://www.islampos.com/pahala-dilipatgandakan-ini-amalannya-di-bulan-ramadhan-87065

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *