Refleksi dan Gathering FPSH HAM Akhiri Tahun 2019

Refleksi dan Gathering FPSH HAM Akhiri Tahun 2019

BOGOR - Di penghujung tahun 2019, Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia menggelar Refleksi Akhir Tahun dan Gathering FPSH HAM Jawa Barat yang diikuti oleh FPSH HAM kabupaten/kota di Jawa Barat. Kegiatan yang diinisiasi oleh pengurus FPSH HAM Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok ini dilaksanakan mulai Sabtu (28/12) hingga Ahad (29/12) di Villa Direktur Penataan dan Adiminstrasi Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa barat.

Dengan mengusung tema "Mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan melalui refleksi akhir tahun dan gathering FPSH HAM" ini sukses digelar. Dalam pembukaan, hadir pula Kepala Bidang HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat, Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat, Direktur Penataan dan Adiminstrasi Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri, perwakilan Polsek Bojong Gede, pengurus FPSH HAM Provinsi Jawa Barat, perwakilan Forum OSIS SMK Jawa Barat, perwakilan Forum OSIS Jawa Barat, perwakilan Forum Komunikasi OSIS Kabupaten Bogor, perwakilan Forum Komunikasi OSIS Bogor, dan pengurus FPSH HAM kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Dengan mengucap syukur alhamdulillah kegiatan ini bisa sukses dilaksanakan. Terima kasih kepada para panitia dan seluruh pihak yang ikut serta menyukseskan kegiatan di akhir tahun ini," ucap Muhamad Husni Tamami, ketua pelaksana Refleksi Akhir Tahun dan Gathering FPSH HAM Jawa Barat.

Menurut ketua FPSH HAM Jawa Barat, Nandi, kegiatan refleksi dan gathering ini juga menjadi ajang untuk mengevaluaasi kegiatan-kegiatan FPSH HAM Jawa Barat di tahun 2019 agar bisa lebih baik di tahun 2020.

"Kita sudah melaksanakan kegiatan di tahun 2019. Selama 2019 alhamdulillah di media sosial kita mendapatkan 57,3k suka dari 880 postingan," terang Nandi.

Nandi juga berharap di kegiatan-kegiatan selanjutnya bisa berkolaborasi dengan organisasi-organisasi lainnya seperti Forum OSIS SMK Jawa Barat maupun Forum OSIS Jawa Barat.

"Kami FPSH HAM suka dengan kolaborasi. Berharap nanti juga bisa kolaborasi kegiatan dengan Forum OSIS SMK Jawa Barat dan Forum OSIS Jawa Barat," tambah dia.

Terkait kolaborasi, Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM Jawa Barat, Ida Suci menguatkan bahwa FPSH HAM ini harus saling berkolaborasi dengan forum-forum lainnya yang ada di Jawa Barat dan saling menjaga tali silaturahmi satu sama lain sehingga forum FPSH HAM ini selalu berjalan dengan sistematis dan kondusif.

"Bunda harap semua forum yang ada di Jawa Barat bisa saling berkolaborasi dalam
menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi yang lebih maju dan berprestasi untuk
kedepannya," harap Bunda Suci, sapaan akrabnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Hasbullah Fudail mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi untuk pengurus FPSH HAM kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

"Ini salah satu contoh kolaborasi antar FPSH HAM kabupaten/kota. Ke depan juga bisa dilaksanakan kolaborasi seperti ini di daerah Cianjur dengan KBB dan Cimahi," kata Hasbullah.

Hasbullah juga menyinggung soal kesadaran hukum di Indonesia. Ia menilai kesadaran hukum di Indoneisia masih rendah. Hal itu terbukti dengan banyaknya warga Indonesia yang ada di penjara.

"Jika kita lihat, di luar negeri itu penjaranya sudah menjadi mall. Karena apa? Karena tingkat kesadaran hukumnya tinggi. Saya berharap Indonesia pun bisa meningkat kesadaran hukumnya," harapnya.

Panitia refleksi dan gahtering memberikan kesempatan kepada Aferi Syamsidar Fudail sebagai Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan materi kepada pengurus kabupaten/kota di Jawa Barat yang mengikuti kegiatan relfeksi dan gathering.

"Kalian (peserta refleksi dan gathering) adalah pemilik sah negara ini di masa mendatang. Bawalah perubahan positif untuk kemajuan bangsa dan negara di masa depan dengan memulainya di FPSH HAM," tegasnya.

Ia juga mengapresiasi forum ini dan berharap semoga bisa berada di tengah-tengah masyarakat untuk membangun dan memajukan desa di daerahnya masing-masing.

Tak hanya Direktur Penataan dan Adiministrasi Desa, pihak kepolisian sektor Bojong Gede pun mengapresiasi FPSH HAM ini.

"Saya bangga adanya forum ini. Dengan forum ini minimal akan membantu kepolisian dalam hal meningkatkan kesadaran khususnya kalangan pelajara dan pemuda," tutur Jais dari Polsek Bojong Gede.

Dalam kegiatan ini, peserta sangat antusias dan semangat. Terlebih kegiatannya dikemas dengan hal-hal menarik dan terdapat ilmu serta wawasan baru yang didapatkan. Kesuksesan kegiatan ini tidak terlepas dari kerjsa sama dan dukungan dari berbagai pihak.

"Terima kasih kepada panita telah menyelenggarakan kegiatan yang super seru ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu baru serta pengalaman," pungkas Wahyu peserta refleksi dan gathering FPSH HAM Jawa Barat. (red/fpsh).

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *