Talkshow Hangat di Refleksi dan Gathering FPSH HAM

Talkshow Hangat di Refleksi dan Gathering FPSH HAM

BOGOR - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia se-Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan "Refleksi Akhir Tahun dan Gathering FPSH-HAM tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Barat". Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28-29 Desember 2019. Salah satu rangkaian kegiatan pada kegiatan ini yaitu "Talkshow mengenai FPSH-HAM".

Talkshow ini dilaksanakan pada Sabtu (28/12) pukul 17.00 WIB berlokasi di kediaman Direktur Penataan dan Administrasi Desa Kementerian Dalam Negeri, Jalan Raya Tonjong, Bojonggedé, Kabupatén Bogor.

Talkshow atau gelar wicara adalah suatu jenis acara yang berupa perbincangan atau diskusi seorang atau sekelompok orang/tamu tentang suatu topik tertentu (atau beragam topik) dengan dipandu oleh pemandu talkshow. Tujuan diadakannya talkshow ini yaitu untuk menambah pengetahuan dan permasalahan yang dimiliki oleh masing-masing organisasi maupun pribadi. Kegiatan ini dipandu oleh Rama dari FPSH-HAM Kota Bogor.

Peserta diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan mengenai FPSH-HAM sebanyak 3 pertanyaan. Pertanyaan pertama dilontarkan oleh Vanesha dari FPSH-HAM Kab. Bogor. Ia bertanya mengenai anggaran FPSH-HAM di sekolahnya yang tidak dianggarkan oleh sekolah. Pertanyaan ini dijawab oleh Bunda Suci dari Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat.

"Kita selaku FPSH-HAM harus bisa berkolaborasi bersama OSIS sehingga OSIS yang mengurus akan anggaran FPSH-HAM yang diperlukan di sekolah tersebut. Sedangkan FPSH-HAM adalah organisasi yang melaksanakan segala rangkaian kegiatannya. Itu salah satu contoh kolaborasinya," jelasnya.

Pertanyaan kedua dilontarkan oleh Abdi dari FPSH-HAM Kota Depok mengenai kendala dan tahapan pembentukan FPSH-HAM di tingkat sekolah. Pertanyaan ini juga dijawab oleh Bunda Suci yang berisi arahan untuk memberikan surat-surat mengenai tugas pembentukan FPSH-HAM yang telah dikeluarkan oleh Kadisdik Jabar untuk ditindaklanjuti oleh sekolah.

Pertanyaan terakhir disampaikan oleh Nur Bintang dari FPSH-HAM Kota Depok terkait dengan perbedaan forum dan organisasi.

"Organisasi adalah kumpulan dari individu, sedangkan forum adalah kumpulan dari berbagai organisasi," jawabnya.

Penulis : Henri Herdiana , Agung Fuji Laksono, Fiqih, dan Abdi Munajat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *